Pages

don't stop me now!

Setelah gw membahas dua buku yang [kata santi] lumayan berat, gw akan mencoba mereview novel yang lumayan ringan.hehe..

Sebenernya banyak banget novel yang mo gw bahas di blog ini, berhubung niatan gw untuk menemukan novel indonesia yang bagus dan layak baca sangat tinggi, jadilah gw banyak membeli ataupun meminjam novel-novel itu. Kata bagus disini bukan dilihat dari cover yang menyejukkan mata ataupun terhanyut oleh kata-kata persuasif di balik buku yang kadang suka menyesatkan, tapi didukung dengan cerita yang original dan educated, tidak melecehkan otak masyarakat indonesia yang kebanyakan di cekokin sama buku-buku yang bertema perselingkuhan...[lho kok jadi curhat?]

owkeyy..it's gonna be a long post.. keep reading ya guys..


Judul: 5cm
Penulis: Donny Dhirgantoro

Penerbit: Grasindo


Awalnya gw pikir 5 cm itu merupakan sejenis buku inspirasional seperti the secret. Fyi, gw kurang suka baca buku kayak gitu, walaupun bokap gw punya beberapa koleksi zig ziglar, tapi kok gw ga ada niatan untuk baca buku-buku itu, buku yang abis baca satu kalimat membuat gw berkomentar "okey.....[then]..whatever..". Tapi herannya buku the secret sendiri sangat sukses di pasaran??

udah ah,,ga mikirin gw..lanjut nge-review...

Setelah ade gw merekomendasikan buku ini ke gw, akhirnya gw membacanya, berhubung selera buku ade gw itu suka aneh-aneh, jadilah gw rada rancu tentang ini buku. Tapi pas selese baca, gw langsung bilang ma dia"wah sti [nama ade gw asti], selera buku kamu udah naik kelas ya..bagus deh.. "lalu dibalas dengan tatapan dingin si adik.

Donny bisa membungkus cerita dengan luar biasa, banyak pengetahuan baru gw dapet abis baca buku ini, bagi orang yang sering menganggap sesuatu itu ga mungkin, bisa baca ceritanya ian, perdebatanya dengan sang dosen tentang emotional quotient sangat menarik untuk dibaca, bahwa semuanya itu mungkin kalo kita mw kerja keras.

Pengetahuan baru apa yang gw dapet??oke akan gw runut deh:

- Novel ini sangat kental dengan atmosfir persahabatan, bahasa yang dihaturkan juga sangat ringan, pesan persahabatan yang gw dapet dari novel ini adalah jangan menceritakan keburukan teman yang lain disaat yang bersangkutan tidak ada di tempat, dan kalo emang udah gatel ni lidah untuk cerita, gunakan teori 3 menit, yaitu hanya boleh menceritakan uneg-unegnya dalam waktu 3 menit, jadi ceritanya langsung to the point, ga dilebihkan dan tidak dikurangkan. Boleh dicoba nih..

- Sangat terlihat jelas bahwa donny mempunyai pengetahuan yang sangat luas, dari teori nyeleneh macem teori indomie ala ian, sampai teori relatifitas einstein dan kutipan-kutipannya socrates dan plato juga ada di lembaran novel ini. Quote dari film ataupun lagu juga banyak seliweran.
"sesuatu yang pasti di dunia ini adalah ketidakpastian..[einstein]"salah satu quote yang ada di novel ini,,mw tau penjelasanya?baca donk bukunya..

- Pendeskripsian penulis akan latar dalam novel, juara banget!! gw merasa ikutan berdempet-dempetan di gerbong kereta, merasakan pengapnya suasana di atas matarmaja , berasa ikutan nikmatnya makan pecel madiun, melihat pemandangan breathtaking negeri ini, sampai ikutan terurai air mata pas cerita si mbok penjual pecel yang ditemui dinda, riani, genta dan zafran di stasiun lempuyangan, jogjakarta [fyi, i get cry easily when it comes to movie and book, lha wong nnton nagabonar aja gw nangis].

apalagi pas udah mo nyampe ke mahameru...wahhhh..gila!!!!!gara-gara novel ini nih gw jadi pengen naik gunung, henry dunant pernah bilang, sebuah negara tidak akan pernah kehilangan pemimpin jika anak mudanya sering bertualang di hutan, gunung dan lautan.

gw ikutan merinding pas ian melihat kuburan di antara pohon kamboja di danau ranu kumbolo.ikutan berdecak kagum pas riani melihat padang ilalang luas seperti di film jurasic park, ikut merasakan sensasi hujan abu di kalimati, dan pada saat di Arcopodo, kembali, kelenjar air mata ini bekerja lebih cepat saat membaca surat daniek untuk temannya yang meninggal di mahameru..

- At the end, pada saat mereka berenam menjejakan kaki di mahameru dan indonesia raya berkumandang dengan indahnya, saat itu lah gw merasa bangga menjadi bagian dari negeri ini.

intinya, gara-gara baca novel ini gw makin cinta Indonesia.

a must read novel!


Judul : a very yuppie wedding
Penulis: Ika Natassa
Penerbit: PT. Gramedia Pustaka Utama
Gw adalah salah satu pembaca setia blog ika natasaa, ada kesamaan antara gw dan dia, sama-sama berkelut di bidang finance, bedanya dia udah berkecimpung, gw masih meraba-raba.hehe.
[semoga saja penilaian gw tidak bersifat subjektif.]
novel ini menceritakan tentang andrea, sorang business women yang bekerja di suatu bank besar di Indonesia, she has a picture perfect life, karir sukses, keluarga tentram, gaji madani, dan adji, the most eligible bachelor in banking sudah menjadi milik nya [sooo cliche!!].kemudian andrea harus memilih, karir atau pernikahan?
gw suka sama gaya penulisanya di novel ini, ringan, sehari-hari banget, dan percakapan antara tokoh nya pun apa adanya. pengetahuan fashion gw ikut bertambah, berhubung ika tidak pelit mengumbar manolo blahnik, zara ataupun braun buffel di novel nya ini..novel ini cosmo banget deh. metropolitan abis.
kok setelah gw selesai membaca buku ini, gw mikir...i rather read the blog than the novel.
[well ini hanya sebuah komentar dari penulis kacangan macam saya ini]

again!!tema perselingkuhan spertinya masih menjadi juara dalam pemilihan dasar cerita.
ada apa dengan kreatifitas para penulis Indonesia?????



Judul: Soulmate.com
Penulis: Jessica Huwae
Penerbit: PT.Gramedia Pustaka Utama

Bercerita tentang nadya samuela, seorang wanita muda, cantik,sukses dalam segala aspek, tapi merana di percintaan, di campakkan oleh mantan pacarnya yang menghamili cewek lain, putus cinta,,lalu bertemu dengan the hero a.k.a oka, seorang server bali yang ditemuainya di dunia maya, hubungan pun berlanjut, nadya-oka dengan sangat ketebaknya pacaran, ternyata oka udah mempunyai istri di bali, nadya kembali dikecewakan oleh cinta.

itu sedikit [sedikti???ini mah semuanya!] gambaran tentang novel ini, ceritanya [menurut gw] soo predictable , tokoh nadia seperti di novel kebanyakan dibuat sesempurna mungkin tanpa asesoris utama, cowok!

tapi yang bikin novel ini menarik adalah qoute dan puisi-puisinya yang nyentil banget, gw yang baca kok jadi ngerasa ikut misarable..hehe..
kalo ga salah ini novel nya jess yang pertama, well i believe she can do a lot better in the second one!



Judul : Filosofi Kopi
Penulis: Dee
Penerbit : GagasMedia

Ini novel terbaru yang gw baca, sekarang gw lagi mencoba mengkhatamkan "Pramoedya Ananta Toer dan Sastra Relisisme Sosialis" dari Eka Kurniawan. [lha ga nyambung]
oke. sesuai dengan judulnya, buku ini merupakan kumpulan cerita dan prosa satu dekade dewi lestari.
Beh..dari pertama baca gw langsung terbius dengan tiap kata yang ditulis.
Metafora yang digunakan membuat gw menyadari hal-hal yang coba dee utarakan di buku nya ini.
mantab tenan!!
gw belajar banyak dari buku ini.
belajar untuk tidak sombong dan cepat puas dari tulisan dee yang berjudul "filosofi kopi".
dee menyadarkan gw untuk menjadi sesosok pribadi yang unik dan berkarakter lewat "salju gurun".
dia juga menghibur gw akan tiap detik yang gw punya dan tiap tahun yang diberkahi melalui "lilin merah".
mengajarkan untuk tetap humble lewat cerita "jembatan zaman"
dan gw berharap mendapat pasangan selayaknya tokoh yang dee ciptakan dalam "selagi kau lelap".
wuahh,,semua tulisannya gw suka!!
ayo pada baca!!!

udah ah sgitu dulu.
ntar lanjut lagi ya nge-review nya.
jgn lupa kasih komen!!
yg banyak!!!
hehe.

-P.U.T.R.I-



10 komentar:

Anonim mengatakan...

yuw put..i love filosofi kopi..
my fave, the last chapter, sang kecoa yg akhirnya meninggal demi tuan putrinya..
ih..menggemaskan tapi mengharukan juga..
juz love it..
keep posting put..
nice review anyway! ;)

Putri Padmosuwarno mengatakan...

*selvi*
kisah cinta romantis nan tragis.
sangat tidak biasa ya sel..
gw jadi sedih sendiri pas baca endingnya.
mana bacanya malem-malem, sendirian, tambah syahdu deh.

itu juga salah satu fav gw.
tulisan dee semuanya juara.
hehe.

terimakasih pujiannya.
dan terimakasih sudah mempromosikan blog saya di tempat mu.

Unknown mengatakan...

Waaa.. loe membahas 3 novel yang emang pengen gw beli.. jadi pengen beli.. bis UAS lah borong novel.. hehehe..

Anonim mengatakan...

puuttt.....klo guwee...suka banget2 tuh sama "my very Yuppy wedding"...
ga tw knpa....suka aja sama cara si mba Ika Natassa bercerita..[ciee...sok akrab bgt gw,,*gpp,syp tw dy lg lewat trs baca comment gw,trs gw dijadiin tokoh utama novelnya*,,apa sie ciiit...xP]
misalnya kyk obrolan antara si Andrea, Tania, n Firman...kyknya natural bgt...ga dibuat2 gtu bahasanya...kadang gw juga geli sndiri bacanya...kekekekek...
yah...mgkn lo kurang suka sm tema perselingkuhan ya...tp novel ini gak segitu selingkuhnya kok..(apa sie bahasa gw) =P

anyway...jadi

Putri Padmosuwarno mengatakan...

*santi*
kayaknya kita bertukar info novel deh san..
gw pas baca blog lo mo beli simple lie tuh..pnasaran..hehe
ayo beli san,,filosofi kopi bagosss!!

Putri Padmosuwarno mengatakan...

*cita*
bukan lo aja kok cit yg suka bgt ma a very yuppie wedding..banyak bgt temen gw yang suka bgt2an.hehe.
mungkin ekspektasi gw akan novel nya ketinggian, jadi udah kecewa pas tw novel nya bgitu2 aja [again, in my point of view loh]..
gw juga suka sama cara si ika cerita kok,, itu nilai plus novel nya..

coba deh baca blog nya,,pasti lebih suka..hehe..[usaha merayu]
hohoo..

btw, makasih ya sudah mengomentari blog saya..

*buat blog donk cit.hehe*

Anonim mengatakan...

duuh...comment gw keputuss...
ni lanjutannya..
"anyway...jadi pgn baca filosofi kopi..^^"

*hahaha...ga penting lo ciit..

buat blog bu...?
aduh...ntar mas ditya kesaing lagi...*mulai sok akrab lagi nii gw, piiss mass..*

eh td gw dah mampiir ke blog mba Ika Nat,,tp ga jadi baca..secara bsok ujiaan ya..ntr bknnya keasikan baca slide malah keasikan baca blog beliau lg...ngisi apa gw bsook..:P

ok buu....coming soon another ciita's comment...x)

Anonim mengatakan...

thanks for the review ya putri. my second book divortiare just hits the market, i hope everything that was lacking or left off in the first book is addressed in this second one. personally, gw lebih suka buku ke 2 gw ;)

Putri Padmosuwarno mengatakan...

*ika*
makasih mba ika sudah sudi mampir ke blog saya..hehe..
teman2 banyak yang sudah merekomendasikan kok..[and most of them, prefer the 2nd one ^_^]
tapi blom sempat beli,,dlm wktu dkt ini pasti sudah ada ditangan dan tinggal baca aj, ntar klo sudah slese baca, tak review di blog ini..
hehe..

trimakasih skali lagi..

Anonim mengatakan...

Who knows where to download XRumer 5.0 Palladium?
Help, please. All recommend this program to effectively advertise on the Internet, this is the best program!

 

Copyright © Yesterday Story... Template created by Volverene from Templates Block
WP by Simply WP | Solitaire Online