Pages

kisah dibalik proyek anapersil

hari kamis pagi, gw udah stand by di kampus untuk menyelesaikan dokumentasi analisis,,,yah tinggal touch here touch there, beres deh..tapi yang bikin gw deg-deg-an setengah mampus adalah presentasinya!!padahal presentasinya cuma 20% dari keseluruhan nilai proyek,,tapi tetep ajaaaaaa!!!!!

langsung aja gw cerita tentang kisah presentasi anapersil kelompok gw,,,
karena urutan presentasi nya di random, alhasil gw yang emang belom siap presentasi jadi jantungan setengah mati...berhubung gw dan santi ngerjain dokumentasi analisis, sedangkan nadya dan cita ngerjain dokumentasi design, jadilah kita menyatukan visi misi sebelum di bombardir dengan pertanyaan dari aslabnya...untungnya gw sempet bantuin nad ngerjain revised, jadi ngerti dikit-dikit,,eh pas liat funtion component yang luar biasa ribet, intelegensia gw langsung menurun,,duh kalo gw disuruh ngejelasin ini gimana???triple mampus!!

ternyata presentasinya bukan ngomong depan kelas, tapi lebih ke tanya jawab sama aslab nya,,jadi setiap anak dapet satu pertanyaan dan harus menjelaskan sejelas-jelasnya. jadi ketauan kan yang bener-bener ngerjain, mana yang nggak!!

aihhhh......ngeri gw!!!

trus ga lama santi komat-kamit kayak orang baca doa gitu,,eh emang dia lagi baca doa beneran supaya omongannya nanti dilancarkan, trus katanya sih bisa bikin si lawan bicara takluk dengan omongan kita..*emang ada doa nya ternyata, gw baru tw malahan*..ywda akhirnya gw juga ikutan baca doa..hehe..tapi tetep lho nervous nya blom ilang..

akhirnya kelompok gw dipanggil,,(udah pasrah gw)..yang terjadi,terjadi lah...

pas aslabnya ngambil dokumentasi kelompok gw, gw sempet2 nya berharap kalo itu bukan kelompok gw...sampe aslabnya bilang "kelompok satu!"

damn!

duduknya juga harus ngurut absen, alhasil gw duduk yang paling pojok,dan dapet pertanyaan terkahir!!
pertanyaan pertama ditujukan ke nadya,

aslab:"tolong jelasin class diagram"

nad:"class diagram kelompok kami ada 15 class termasuk detailnya dan ada 7 event...bla..bla..bla"(panjang banget dah, yaiyalah class diagram gtu put!!)

akhirnya setelah nad selesai ngejelasin, giliran aslabnya nanya..here we go...

aslab:"ini kan spp[surat pengeluaran produksi] nya dikeluarkan oleh bagian staff departemen design dan staff bagian quality control, tapi di class diagram SPP ga ada Kd_NIK, trus dia gimana bisa tau kalo itu SPP yang dikeluarin sama departemen desain, mana yg dari quality control?"

cita:"dari form loginnya..dari situkan staff masukin NIK terus milih divisinya, kalo udah masuk ya dia bisa milih mo cetak surat yang mana.."

gw:"iya,,diliat dari interface dulu"

santi ngubek2 nyari interface...

nad men-takeover pertanyaan ini dengan lebih jelas dan lebih sistematis. akhirnya dengan sedikit bantuan, kami sukses menjawabnya..

lanjut ke santi,

aslab:"revisi apa aja yang kamu lakukan di model component(revised maksudnya)"

mulailah santi bercerita tentang class diagramnya yang kemudian di revised dan sebagainya..[gw rada lupa santi jawab apa aja]..

aslab:"jadi ga ada tambahan class baru?"

shanti:"ga ada.soalnya kan ga ada private event"

aslabnya manggut2 doank..

next gilirannya cita..

aslab:"tolong jelasin tentang sequence diagram"

waduhhh sequence...yah...pertanyaan paporit gw udah diambil,,haduhh,,gw ditanya apaan nih ya...
nad ditanya analisis, santi design , cita analisis, maka sudah dapat dipastikan kalo gw bakal ditanya design!!

cita pun selesai menjawab, si aslabnya juga ga nanya macem-macem,,
yak tibalah giliran gw...

GOD....I WAS NERVOUS AS HELL!!!!

aslab:"tolong jelasin tentang deployment diagram"

(deployment diagram??ini gw ga salah denger kan???DEPLOYMENT???(baca dengan nada lebih ditekankan di kata ini)..hmm..ummm...
ini ga kegampangan apa??(minta dihajar ga sih gw??dikasih susah nolak, dikasih gampang complaint!mw lo apa sih put??))

gw:(dengan satu tarikan nafas)"bisa dilihat disini, bahwa kami memilih client server sebagai jenis arsitekturnya, dengan menggunakan centerlized data sebagai pola distribusinya, berarti setiap client hanya memilkik user interface dan function untuk men-save atau mem-print dokumen-domumen, sehingga jika dia mw mengakses database, client harus berhubungan dengan server. kami mengasumsikan bahwa setiap departemen berada dalam gedung yang berbeda-beda sehingga pola client server sangat cocok untuk mengatasi permasalahan geografis tersebut"

(jujur!ini gw ga tw dapet ilham dari mana??)
tenyata MANJUR BO' DOANYA!!!si aslab cuma manggut-manggut aja,,hahaha....

ternyata presentasinya tidak sesusah ekspektasi gw (caeelahh...gaya banget lo put!!)..hohoo..

pas udah selesai, gw langsung dihujani pertanyaan sama temen-temen yang blom kebagian presentasi..

"susah ga put?"

"hmm...bisa lha lo jawabnya..ga ditanya macem-macem kok"

"ditanya apa aja lo?"

"deployment..[sambil senyum-senyum sumringah gtu]"

"dijutekin ga sama aslabnya??"

"nggak.baik kok.ga gigit.tenang aja."

eh gw liat mukanya dion pucet banget!!ya ampun kembaran simon santoso ini bisa nervous juga..hehe..


senang.girang.bahagia banget gw.
serasa melihat salju di jakarta!!!


-P.U.T.R.I-





4 komentar:

Unknown mengatakan...

Put.. hehehe..
loe niatnya mau klarifikasi kecuekan loe tuh ke sapa? hehehe..

Melissa mengatakan...

>.<
duh yg udah di-sidang anap ...
ngiri deh ...
>.<

Melissa mengatakan...

>.<
duh yg udah di-sidang anap ...
ngiri deh ...
>.<

Putri Padmosuwarno mengatakan...

*shanti*
no-comment

*mells*
hoho..iya donk..seneng euy..
good luck ya mell,,pasti bisa lha lo!

 

Copyright © Yesterday Story... Template created by Volverene from Templates Block
WP by Simply WP | Solitaire Online